Home » , , » Tutorial Membuat CCTV Dengan Smartphone / Tablet Android

Tutorial Membuat CCTV Dengan Smartphone / Tablet Android

Bagi Anda yang ingin iseng-iseng merekam aktifitas pacar, teman dengan kamera CCTV tak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli kamera CCTV karena sekarang Anda dapat membuat kamera CCTV dengan ponsel Android Anda. Semua jenis Smartphone Android dapat di pakai untuk kamera CCTV pastinya yang memiliki fasilitas kamera. Menarik bukan, Anda penasaran??? Oke kita bahas tutorial lengkapnya.

Kamera CCTV pada umumnya di lihat atau di pantau dengan menggunakan PC atau laptop namun dengan kamera CCTV ponsel Android, untuk memantau aktifitas kamera CCTV smartphone juga dapat di lakukan dengan Posel atau Smartpone Android. Jadi Anda dapat memantau kamera ponsel CTV dengan PC dan dengan smartphone Android yang tentunya lebih menarik karena smartphone tersebut dapat di bawa kemana-mana atau portabel. Tutorial kali ini akan membahas dua jenis yaitu kamera CCTV Android dengan PC sebagai pemantau dan kamera CCTV smartphone Android dengan Smartphone Android sebagai pemantau.

Untuk aplikasi tambahan yang diperlukan dalam membuat kamera CCTV smartphone Android adalah IP Webcam. Aplikasi ini bersifat gratis yang dapat Anda unduh langsung ke Play Store. 


Setelah aplikasi IP Webcam selesai Anda download tidak perlu di setting terlebih dahulu biarkan saja, hal yang terpenting di sini adalah mengkoneksikan kamera CCTV Android ke PC atau Latop dan ke Android. Langkah-langkahnya adalah ; Buka aplikasi IP Webcam, geser menu ke menu paling bawah dan temukan menu Start server klik dan otomatis kamera CCTV Anda sudah menyala.


Untuk menghubungkan kamera CCTV Smartphone Android Anda ke PC, laptop atau ke Android pastikan Smartphone Android Anda terkoneksi dengan PC, Laptop atau Android dengan jaringan Wi-fi selanjutnya lihat IP Adress yang terdapat di layar bawah tenggah Smartphone Android Anda, seperti pada gambar yang di beri kotak berwarna merah pada gambar di bawah ini. IP adress http://192.168.1.102:8080 ini lah nantinya Anda gunakan untuk mengkoneksikan kamera CCTV smartphone Android Anda. IP Adress ini berbeda- beda sesuai dengan domisili negara tempat Anda berada.



Menghubungkan Kamera CCTV Smartphone Android Ke  PC atau Laptop
Setelah kamera CCTV smartphone Android Anda dalam posisi on untuk di koneksikan ke PC atau laptop Anda dengan Wifi selanjutnya cukup masuk ke browser silahkan pilih jenis browser apa saja bisa Crome, Mozilla Firefox, IE dan lain-lain. Selanjutnya ketik IP adress yang terdapat di layar Smartphone Anda sebagai contoh http://192.168.1.102:8080 kemudian enter.


Pada tutorial kali ini Saya menggunakan Mozilla Firefox, Kamera CCTV Android sudah terkoneksi dengan PC atau laptop, untuk melihatnya tekan menu Browser dan kamera sudah bisa di pantau langsung dari PC / laptop. Langkah selanjutnya kita setting menu sesuai dengan kebutuhan kita dalam menggunakan kamera CCTV smartphone Android.


Kamera CCTV Android ini memiliki kelebihan yang sangat beragam, selain itu tampilan video yang di hasilkan juga memiliki kwalitas yang sangat bagus berbeda dengan kamera CCTV yang sering Anda lihat di program acara televisi yaitu CCTV.

Jika Anda ingin menggunakan kamera CCTV ini pada malam hari atau membutuhkan cahaya Anda cukup menekan tmbol LED Flashlight menu ini hanya akan bisa berjalan jika kamera Android Anda memiliki fasilitas LED. Anda juga dapat menampilkan gambar layar dalam ukuran dekat dengan menekan menu Zoom. Untuk memantau kamera CCTV dalam keadaan gelap atau malam hari gunakan menu Night Vision maka tampilan kamera CCTV Anda seperti layaknya tampilan acara di program televisi Masih Dunia Lain. Untuk merekam aktifitas kamera CCTV smartphone Android Anda gunakan menu Recorder Control, di menu ini Anda dapat mengatur durasi lama waktu dalam merekam. 



Menghubungkan Kamera CCTV Smartphone Android Ke  Smartphone Android.
Untuk melihat atau memantau kamera CCTV Smartphone Adroid dengan smartphone atau Tablet Android caranya hampir sama dengan di PC atau Laptop yang berbeda di sini adalah koneksi Wifi yang di gunakan adalah antar Android dengan Android. Pada contoh tutorial kali ini saya gunakan Samsung Galaxy ACE 3 sebagai kamera CCTV sedangkan untuk memantau kamera CCTV saya gunakan Samsung Galaxy Tab 3.8.0.

Pertama koneksikan terlebih dahulu kedua Smartphone Android Anda, Samsung Galaxy Tab 3 gunakan sebagai Wi-fi dan Samsung galaxy ACE 3 sebagai peneriman jaringan WI-Fi. jika Anda masih bingung cara mengkoneksikan Android ke sesama Android dengan jaringan Wifi klik di sini.

Setelah terhubung buka aplikasi IP Webcam, lalu buka Crome di Android Anda ketik IP adress yang terdapat di layar smartphone lalu klik tombol Go.


Karena ukuran layar di Crome Android Samsung galaxy Tab 3.8.0 ini relatif lebih kecil Anda dapat menggunakan fasilitas zoom di Crome Anda sehingga ukuran layar pemantu kamera CCTV Smartphone Android menjadi lebih besar atau Anda dapat memutar layar Smartphone Anda. Hasilnya seperti dibawah ini.


Hasil dari rekaman kamera video CCTV dengan Samsung Galaxy Tab 3 dapat Anda lihat di video di bawah ini, di sini Anda akan melihat hasil kamera CCTV yang menghasilkan kualitas gambar lebih jelas.

Alt/Text Gambar

22 comments:

jamu pelangsing cepat aman said...

betul tuh bisa di manfaatkan

LongLong said...

wah bagus banget gan infonya. ane tambahin gan, install aplikasi mobogenie market gan sebagai market di android agan, semoga membantu : http://goo.gl/4oFmI
dan jangan lupa battery savernya gan : http://goo.gl/gRdq4E

Heri said...

Saya udah nyoba tapi gak bisa tuh salahnya dimana ya ?
CCTV pake Galmin 2 dan pemnantaunya pake Galaxy Core 2

Ali Muakhor said...

Awal dulu saya menggunakan CCTV Android juga sama mas, itu di IP nya yang belum terkoneksi.. coba restart lagi dan pastikan antar smartphone android sudah terkoneksi jaringan Wifi.

Rahma Wati said...

Makasih ya gan.. ane udh nyoba n berhasil

Anonymous said...

harus pada jaringan wifi yang sama yah? klo misalnya saya di jakarta, dan android lain di bogor misalnya, bisa ga gan? thank you :)

Ali Muakhor said...

klo dengan Android ke Android tergantung jarak Wifi Androidnya. Tapi untuk IP Camera CCTV (IP Cam) bisa dipantau dengan jarak jakarta - bogor dengan ponsel Android.

dwi said...

Pertanyaan yg bagus... ngantri ah buat penjelasan

RainCintz said...

Sebenarnya bisa hanya saja karena IP publik dari layanan kartu tidak mendukung IP publik jadinya tidak bisa. Jadi aplikasi ini harus via wifi.

Tetapi jika sobat ingin melakukannya via internet (agar bisa jarak lebih jauh bahkan antar kota) maka silahkan coba aplikasi Usteram, cek di sini http://rev-all.blogspot.com/2015/01/aplikasi-utream-aplikasi-untuk-melihat-broadcast-dan-melakukan-broadcast.html

alfred said...

make ini gan http://goo.gl/V2LcBr aplikasi android cctv yang bisa online via internet

mazta said...

g bisa ya beda jaringan?
1 jaringan sih berhasil tp beda jaringan kok g bisa?

kusmeli said...

terimakasih gan info nya sangat bermanfaat,,,saatnya mencoba

PUTRA said...

keren

Muzhovar said...

cara agar tidak lag bagaimana ya gan? biar lancar gituuu...

Ali Muakhor said...

Prosesor Androidnya mas sama koneksi internetnya, coba dari PC dengan Wifi konekkan ke Android lancar jaya mas...

Alvin Permana said...

penjelasan yang ini maksutnya gmna gan?? kurang paham ane, hehe, seumpama android si pacar ada di jakarta, terus android ane ada di bogor, apa msh tetep bisa terkoneksi cctv android nya si pacar ane?? hehe makasih sebelumnya buat infonya keren bgt

Ali Muakhor said...

Bisa mas tapi tdk dengan Android dan Android... CCTV IP Cam dengan Android bisa... jadi Android sebagai media untuk melihatnya

Alvin Permana said...

klo webcam laptop sama android bisa kak? jd seumpama laptop ane dinyalain terus dirumah dibuat cctv, jd yg androidnya yg dibuat ngeliatnya, bisa gak gan??

Ali Muakhor said...

selama ada kamera bisa...

Yugo Rodhi Akmaludin said...

Cara nyimpan gambarnya atau videony gmana gan, mohon tutorialnya. Apa perlu tmbhan memori

Yugo Rodhi Akmaludin said...

Apa pake data internetnya....

Ali Muakhor said...

Klo dari Android ngk kuat mas, saya coba dengan Samsung Ace 3 cuma 3 menit sudah full, coba dari PC, ada opsi penyimpanannya di menu nya...